Semangat adalah dokter terbaik

Rabu, 29 Oktober 2014

KENALI WARNA URINE (AIR SENI) ANDA

Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra.
Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urine. Jika terdapat pemasalahan pada ginjal Anda, maka bisa dideteksi dari urine.

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya : Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension) Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus) Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur) Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
Urine yang sehat biasanya akan berwarna kuning jernih hingga kuning pucat. Berikut adalah beberapa jenis air seni yang mengindikasikan bahwa ginjal dalam tubuh anda sedang mengalami gangguan.
a. Biasanya, jika seseorang mengalami gangguan ginjal, jumlah air seni yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit dari biasanya. Namun jika gangguan ini masih pada tahap awal, hal ini tidak akan begitu terasa.
b. Jika warna air seni yang dikeluarkan saat anda buang air kecil mulai berwarna kemerahan atau kecoklatan, mirip seperti minuman bersoda. Hal ini bisa berarti bahwa air seni anda mengeruh yang disebabkan karena adanya kemungkinan darah yang tercampur karena terjadi sebuah infeksi. Bahkan jika air seni anda memiliki busa, ada kemungkinan telah terjadi protein yang bocor dan tercampur keluar lewat air seni.
c. Saat melakukan tes urine, ternyata pada air seni anda terdapat eritrosit dan leukosit.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih jauh tentang gejala penyakit ginjal silakan konsultasikan dengan Tim Konsultan kami atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”di Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar