Semangat adalah dokter terbaik

Minggu, 05 Oktober 2014

TRANSPLANTASI GINJAL

Transplantasi ginjal adalah terapi penggantian ginjal yang melibatkan pencangkokan ginjal dari orang hidup atau mati kepada orang yang membutuhkan. Transplantasi ginjal menjadi terapi pilihan untuk sebagian besar pasien dengan gagal ginjal dan penyakit ginjal stadium akhir. Transplantasi ginjal menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Transplantasi ginjal atau cangkok ginjal biasanya tidak ditempatkan di tempat asli ginjal yang sudah rusak, kebanyakan di fossa iliaka, sehingga diperlukan pasokan darah yang berbeda, seperti arteri renalis yang dihubungkan ke arteri iliaka eksterna dan vena renalis yang dihubungkan ke vena iliaka eksterna.

Terdapat sejumlah komplikasi (penghambat) dalam proses transplantasi, seperti rejeksi (penolakan), infeksi, sepsis, gangguan proliferasi limfa pasca-transplantasi atau ketidakseimbangan elektrolit, dsb.

Transplantasi ginjal adalah cara terbaik untukmenyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami gagal ginjal. Di masa lalu, ginjal hanya diambil dari anggota keluarga yang masih hidup atau dari orang yang baru saja meninggal (mayat). Transplantasi dari donor hidup memiliki kesempatan sukses lebih baik daripada yang berasal dari donor mayat. Waktu tunggu untuk mendapatkan donor ginjal mayat, bisa selama 4 tahun di Amerika Serikat. Karena alasan tersebut, banyak orang membuat keputusan untuk menjadi donor ginjal.

Siapa yang Bisa Menjadi Donor Ginjal?
Hampir setiap orang dapat menjadi donor ginjal. Anda harus berumur minimal 18 tahun dan dalam keadaan sehat. Anda tidak boleh memiliki penyakit lain seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, atau gagal jantung. Kebanyakan donor berusia lebih muda dari 60 tahun. Pendonor dan penerima ginjal harus memiliki golongan darah yang cocok.

Apa Langkah yang Harus Saya Lakukan untuk Menjadi Donor Ginjal?
Jika Anda memutuskan untuk menjadi donor ginjal, sampel darah Anda akan diambil untuk diuji, termasuk golongan darah Anda dan informasi genetik lainnya (tipe HLA) untuk melihat seberapa baik kecocokan Anda dengan penerima. Uji ini akan diulangi 7 sampai 10 hari sebelum operasi jika Anda memutuskan untuk menjadi donor.

Apa Saja yang Terjadi Dalam Operasi Transplantasi Ginjal ?
Anda akan diberikan anestesi umum sebelum operasi Anda. Sampai belakangan ini, pemindahan sebuah ginjal memerlukan sayatan sekitar 8 inci (20,3 cm) sampai 9 inci (22,9 cm) pada satu sisi tubuh (panggul). Sekarang ini, laparoskopi biasanya digunakan untuk memindahkan ginjal donor. Keuntungan dari pemindahan ginjal dengan laparoskopi termasuk rasa sakit yang lebih sedikit, rawat inap lebih pendek, lebih cepat pulih untuk melakukan aktivitas normal, dan bekas luka yang lebih kecil dan kurang terlihat.

Apa Saja Risiko Menjadi Donor Ginjal?
Menyumbangkan ginjal tidak menyebabkan peningkatan masalah kesehatan lain pada pendonor. Donor organ terus dipelajari dengan seksama oleh banyak kelompok peneliti di Amerika Serikat. Risiko kematian setelah menyumbangkan ginjal sangat jarang terjadi.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi tentang penyakit gagal ginjal atau transplantasi ginjal, silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar